Menpar Widiyanti Wardhana Siap Lanjutkan Pengembangan Pariwisata Indonesia

Menpar Widiyanti Wardhana Siap Lanjutkan Pengembangan Pariwisata Indonesia
Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri Wardhana.

DENPASAR - Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri Wardhana, menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan momentum pengembangan pariwisata Indonesia dalam sambutannya pada acara serah terima tugas menteri di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Saat ini, Indonesia berada di peringkat 22 dari 119 negara dalam Indeks Travel and Tourism Development Index (TTDI) 2024.

"Saya berkomitmen melanjutkan momentum ini, agar sektor pariwisata terus berkembang. Ke depan, terdapat tantangan dalam penguatan potensi pariwisata Indonesia," ujar Menpar Widiyanti.

Dalam enam bulan ke depan, Menpar Widiyanti akan menjalankan empat program kerja prioritas. Program tersebut mencakup pengumpulan aspirasi untuk transformasi pariwisata, pemasaran berbasis digital dan teknologi seperti Calendar of Events dan asisten perjalanan berbasis kecerdasan buatan (AI), serta penyusunan strategi besar pemanfaatan Indonesia Quality Tourism Fund untuk mendiversifikasi atraksi wisata dan menyelenggarakan acara berskala internasional. 

Selain itu, ia juga berencana membangun kerja sama dengan institusi kelas dunia untuk transfer pengetahuan, guna mewujudkan sekolah pariwisata unggulan bertaraf internasional.

Widiyanti juga menyoroti pentingnya sinergi antara Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif, meskipun kedua kementerian kini dipisahkan. 

Dia mengajak Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya, untuk terus berkolaborasi dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Pak Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya, mari kita bekerja sama untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kedua sektor ini memiliki tujuan yang sama, yaitu mengangkat potensi alam, seni, budaya, serta industri kreatif yang kita miliki untuk mencapai target pemerintah lima tahun ke depan," jelasnya.

Sebagai seorang profesional dengan pengalaman 30 tahun di bidang bisnis dan investasi, serta Ketua Yayasan Teladan Utama, Widiyanti optimistis bahwa fondasi yang kuat dan langkah-langkah strategis yang jelas akan mampu mempercepat pertumbuhan sektor pariwisata, menjadikannya motor penggerak ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan mendunia.

"Kita pasti bisa karena Indonesia adalah 'Paradise on Earth'. Semoga kehadiran saya di Kementerian ini diterima dengan tangan terbuka, dan bersama-sama kita akan menjalankan transformasi sektor pariwisata dengan konvensional, transparan, dan berintegritas," tutup Menpar Widiyanti. 

Acara tersebut turut dihadiri oleh seluruh pejabat dan jajaran Kementerian Pariwisata. (Ray)