Danau Batur Danau Terbesar di Bali yang Menyimpan Sejuta Pesona

Tidak hanya pesonanya Dana Batur juga merupakan sumber kehidupan untuk masyrakat sekitarnya.

Danau Batur merupakan salah satu objek wisata yang menyimpan sejuta pesona dan sanat direkomendasikan untuk dikunjungi bagi wisatawan yang ke bali. Danau Batur terletak di Kabupaten Bangli, Kecamatan Kintamani, Jaraknya sekitar 60 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Denpasar. Keindahan danau terbesar di Bali ini memang sudah begitu terkenal.

Untuk dapat menikmati keindahan Danau Batur, harus melewati jalan yang berkelok, tetapi sembari menuruni jalan tersebut disekitarnya terlihat pemandangan danau dan gunung Batur dari jarak yang jauh.  Selain itu, pepohonan yang ada disekitar jalan membuat suasana menjadi begitu sejuk selama perjalanan.

Danau Batur Kintamani Bangli

Sumber air danau ini berasal dari air hujan serta rembesan air yang berasal dari bukit dan pegunungan.

Setelah sampai di lokasi pengunjung akan dibuat terpana dengan keindahan Danau Batur, disini tidak hanya suasana danaunya yang dapat dinikmati, tetapi juga dapat menikmati suasana religi.

Warna air danau sangat dipengaruhi oleh senyawa belerang yang ada pada dasar danau. Terkadang berwarna kebiruan, kehijauan bahkan kekuningan. Dibalik keindahan dan manfaatnya danau ini juga menyimpan mitos yang dikenal oleh masyarakat sekitar yaitu Legenda Kebo Iwa. Kebo Iwa merupakan seorang anak yang memiliki nafsu makan yang sangat besar, sehingga tumbuh dengan ukuran badan yang sangat besar. Suatu ketika Kebo Iwa mengamuk karena kelaparan dan memakan hewan ternak. Akhirnya masyarakat sekitar berjanji akan memberinya makan apabila ia menggali tanah untuk mencari sumber air. Karena kelelahan, Kebo Iwa pun tertidur digalian itu dan penduduk sekitar melempari batu kapur kedalam lubang tersebut sehingga memancarkan air yang hingga sekarang dikenal dengan Danau Batur. Legenda ini mengajarkan untuk dapat mengendalikan emosi atau kemarahan karena apabila dibiarkan dua hal tersebut akan menghancurkan diri sendiri.

Tidak cukup rasanya jika ke Danau Batur tidak menikmati perkebunan dipinggir danau, Danau ini tidak hanya sebagai tempat tujuan wisata tetapi juga bermanfaat untuk pengairan perkebunan penduduk seperti bawang merah, cabai, kol dan sayuran lainnya. Danau ini memang menjadi lumbung kehidupan bagi masyarakat sekitar, cekungan airnya yang berisi berbagai jenis ikan, tanah pinggiran yang subur, dan pemandangan yang luar biasa menjadikan Danau Batur sebagai tempat sempurna untuk liburan keluarga. Dikawasan Danau Batur ini banyak hal yang dapat kita lakukan selain menyaksikan keindahan danau dari jarak yang dekat, pengunjung dapat juga menikmati rekreasi memancing dengan menyewa sampan nelayan sambil berkeliling menikmati keindahan danau, berelaksasi di pusat pemandian air panas, menikmati sensasi acara bersantap di restoran terapung, bahkan kita dapat melihat agrowisata sayur mayur yang ada disekitar danau terbut.

Oleh: Tim Dana Batur ILS 2021