Togar Situmorang Pimpin Karate Gojukai Komda Bali Periode 2023 - 2028

Togar Situmorang Pimpin Karate Gojukai Komda Bali Periode 2023 - 2028
Togar Situmorang pimpin Gojukai Komda Bali periode 2023 - 2028.

DENPASAR - Karate Goju pertama-tama diperkenalkan di Indonesia oleh seorang pedagang Jepang bernama Kunishiro Ishi (DAN IV), ini sekitar tahun 1960-an. Tetapi pada waktu itu Ishi hanya melatih karate Goju dalam bentuk kelompok-kelompok kecil belum terorganisir rapi. 

Kunishiro Ishi mempunyai 3 Murid Senior yaitu Richard Menwidjaya, Maskun Prasetya dan Budhi Dharma. Kemudian Setyo Harjono, Seorang Mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa dari Jepang, kembali ke Indonesia setelah meraih gelar Sarjana Ekonomi. 

Selama di jepang, Setyo Harjono selain menuntut pengetahuan Ekonomi. Ia juga memperdalam karate Goju pada Maha Guru Karate Do Gojukai, Gogen Yamaguchi. Dan tahun 1967 kembali ke Indonesia dengan meraih DAN IV.

Itulah sekelumit kisah hadirnya Karate Gojukai di Indonesia, kini pembentukan serta pelantikan pengurus Karate do Gojukai Indonesia komda Bali masa bakti 2023 - 2028, di Hotel Puri Ayu Jalan PB Sudirman, Jumat (15/09/2023).

Dalam acara itu dihadiri oleh perwakilan Gojukai pusat Jakarta, Ketua Umum KONI Bali, Ketua FORKI, perwakilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga dan jajarannya.

Yang didaulat menjadi Ketua Umum Gojukai Komda Bali adalah Togar Situmorang seorang pengacara kondang. Banyak harapan yang akan disandangnya untuk memajukan Gojukai di Bali kedepannya. 

I Gusti Ngurah Oka Darmawan selaku Ketua Umum KONI Bali menegaskan banyaknya organisasi karateka binaan FORKI bukan menjadikan saingan tetapi merupakan bagian dari pencapaian yang besar bagi sebuah prestasi.

Oka Darmawan memasang target agar atlet karate Bali mampu berbicara di  PON 2024 mendatang di Aceh - Palembang. ‘

" Paling tidak atlet karate Bali nanti mampu meraih 3 atau 4 medali emas di PON. Walau target 3 tetapi harus 4 jadi prediksinya keatas bukan terpleset ke bawah, " candanya.

Dalam acara tersebut, Sekjen Karate-do Gojukai Pusat, Hartono menjelaskan bahwa atlet karate Bali harus tekun berlatih dan ulet. 

Dia juga berharap kepada pengurus Bali nantinya dapat menjalin kerjasama yang baik sehingga olahraga prestasi ini mampu berkembang pesat di Pulau Dewata.

Ketua Umum Pengprov FORKI Bali Sensei Armand Setiawan Wulianadi dalam sambutannya juga berujar bahwa Gojukai sempat mengirim 2 atletnya dan keduanya lolos.

" Bahkan satu mendapat medali perunggu, " ujarnya pada pra PON waktu yang lalu.

Togar Situmorang yang mendapatkan mandat sebagai Ketua Umum Gojukai Komda Bali ini menyebutkan bahwa akan segera menggelar Rapat Kerja Daerah.

" Sesuai petunjuk KONI dan FORKI kami akan segera membentuk itu dan akan kita jalankan, karena yang menjadi tuntutan adalah masalah atlet, pelatih dan juri " (Ray)