Dekan Lanang Perbawa Apresiasi Koster, Gubernur Bali Mampu Buat 100 Tahun Haluan Pembangunan

Dekan Lanang Perbawa Apresiasi Koster, Gubernur Bali Mampu Buat 100 Tahun Haluan Pembangunan
Dr. Ketut Sukawati Lanang P. Perbawa S.H.,M.Hum., selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar.

DENPASAR - Wayan Koster yang pada periode awal menjadi Gubernur Bali, telah berhasil menggagas haluan pembangunan 100 tahun untuk masa depan Bali. 

Gagasan itu merupakan bagian dari pemikiran seorang Koster yang berpandangan untuk memuliakan alam, manusia dan keebudayaan Bali. Itu nantinya siapa pun yang menjadi pemimpin Bali ke depan memiliki kewajiban untuk melaksanakan Haluan Pembangunan Bali Masa Depan, 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125. Itu semua untuk menjaga masyarakat Bali serta Bali beserta isinya untuk kedepannya. 

Pembangunan Bali Masa Depan, 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125, semuanya itu telah diatur dengan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2023. Perda tersebut telah diundangkan dan diluncurkan secara resmi pada 28 Juli 2023. 

Haluan pembangunan itu berisi untaian peradaban Bali, yaitu Bali tempo dulu, Bali masa kini, kondisi objektif dengan permasalahan dan tantangan Bali ke depan, dan Bali masa depan, 100 tahun Bali Era Baru 2025-2125.

Sehingga Bali memiliki haluan pembangunan dengan arah dan strategi yang jelas, terukur, dan berdimensi jangka panjang sampai 100 ke depan atau satu abad, demi kesucian dan keharmonisan alam, manusia, dan kebudayaan Bali untuk kemuliaan generasi Bali sepanjang zaman.

Semua keberhasilan itu disebutkan saat kuliah umum bersama Wayan Koster di Universitas Mahasaraswati Denpasar. 

Dr. Ketut Sukawati Lanang P. Perbawa S.H.,M.Hum., selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati Denpasar juga sempat mengapresiasi kepemimpinan Gubernur Bali periode 2018-2023, Dr. Wayan Koster, dalam menyiapkan pembangunan Bali ke depan dan masa depan Bali yang cerah. 

" Salah satunya dengan Haluan Pembangunan Bali Masa Depan, 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125. Wayan Koster menjadi satu-satunya Gubernur di Indonesia yang membuat Haluan Pembangunan 100 tahun, " ungkapnya.

Apresiasi itu disampaikan saat Wayan Koster hadir sebagai narasumber dalam Kuliah Umum bertema

“Menjawab Tantangan Bali di Masa Yang Akan Datang” 

di Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar pada Senin 29 April 2024. Hadir Rektor Unmas Denpasar Dr. Drs. I Made Sukamerta bersama para dosen dan mahasiswa. (Tim)