Setelah 5 Abad, Adakan Renon Festival 2023 Tema Kanda Pat Semesta Bersaudara

Setelah 5 Abad, Adakan Renon Festival 2023 Tema Kanda Pat Semesta Bersaudara
Adakan Renon Festival 2023, setelah 5 abad berlalu.

DENPASAR - Festival berasal dari bahasa latin festival yang kata dasarnya festa (pesta) umumnya berarti pesta besar atau acara meriah yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu.

Festival juga bisa diartikan dengan hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting atau bersejarah, atau pesta rakyat yang bersifat suatu acara yang bersenang - senang biasanya untuk menyambut sesuatu yang datang.

Desa Adat Renon akan membuat,

" RENON FESTIVAL 2023 " 

yang merupakan ajang kreativitas budaya dan UMKM. Kegiatan itu rencananya akan digelar September - Desember 2023.

(Jro) I Wayan Suarta selaku Bandesa Desa Adat Renon mengatakan bangga dalam mempersembahkan sebuah festival bagi warga sekitar serta pelaku bisnis UMKM khas / lokal Bali yang dipadukan dengan nuansa budaya serta kreativitas dan inovasi anak-anak muda di Denpasar Bali. 

Untuk itu FESTIVAL RENON 2023 akan digelar disertai berbagai lomba agar menghidupkan suasana kompetitif di Bali dengan berpusat di area Renon. 

Sebuah acara bertajuk, 

“ KANDA PAT – SEMESTA BERSAUDARA ” 

yang menonjolkan beberapa aspek penting terkait Sejarah Budaya, Ekonomi, sosial serta kesenian modern maupun tradisional. Rangkaian acara dalam Renon Festival di mulai dari bulan September sampai dengan puncak event yaitu di Bulan Desember 2023.

“ Festival ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta memperkenalkan sejarah, budaya serta kesenian yang ada di Desa Adat Renon dan sekitarnya "

" Dan juga dapat memberikan wadah dan membantu UMKM lokal yang berada di Bali, " ujar I Wayan Sukarsa selaku Ketua Panitia Renon Festival 2023, di Warung Mina Renon Denpasar, Kamis (14/9/2023).

Kegiatan ini nantinya akan diisi dengan serangkaian kegiatan diantaranya, Fly Renon (festival layang - layang Renon) 16 - 17 September 2023, Event Batoru Rowaiaru (Jejepangan) dan E-Sport (23-24 September) dengan Uji Kemampuan Mobile Legend, Clock Wise, Cosplay Competition, Butterfly of Flame, Orkes Berdendang Ria, Karaoke with Kuro, DJ Hi Kota Denpasar.

Kemudian ada kontes Ikan Mas Koki - Bali 2023, Pemilihan Jegeg Bagus Renon 2023, Lomba Penjor dan Gebogan, Festival Baleganjur 2023 se - Denpasar Selatan dan masih banyak lagi acara menarik lainnya yang akan berlangsung sampai penghujung akhir tahun 2023.

Rencananya event ini di selenggarakan di Sewaka Prema - Renon, dengan Kapasitas daya tampung Puluhan UMKM, ribuan pengujung dan juga parkir yang sangat memadai, dengan lingkungan yang bersih dan asri.

" Kami menyajikan suasana yang sangat nyaman untuk mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di event ini, " ujar Event Director yakni Radianto Pancara (ARA) kepada awak media.

Event ini melibatkan 10 Desa adat yang ada di wilayah Denpasar selatan, festival baleganjur ini dikemas dengan tujuan untuk meningkatkan kembali aktivitas budaya khususnya budaya gamelan baleganjur, budaya ini merupakan budaya yang dimiliki oleh setiap Desa yang ada di Bali.

Kemasan acara yang kompetitif dan menarik dipastikan akan sangat diminati oleh pengunjung dan setiap peserta tentunya akan membawa kelompok mereka masing-masing yang jumlahnya mencapai ratusan.

Kemudian dari Putu Edi menyebutkan juga bahwa festival ini akan diupayakan selalu dilakukan nantinya setiap tahun. 

" 19 November ini akan mensingkronkan tema dengan 'Kanda Pat' menyelenggarakan lomba beleganjur dengan tujuan memupuk rasa kebersamaan dan solidaritas dalam wilayah Denpasar Selatan dalam mensukseskan acara festival ini, sebutnya. (Ray)