Tokoh Kharismatik Winasa Bebas, Ganti Uang Negara 3 Milliar lebih

Tokoh Kharismatik Winasa Bebas, Ganti Uang Negara 3 Milliar lebih
Bayar subsider kerugian negara, Winasa bebas.

JEMBRANA - Tokoh Kharismatik asal Jembrana, saat dijumpai depan Rutan Negara mengaku sehat.

"Astungkara saya sehat, " sebutnya singkat, Jumat (5/7/2024).

Ia adalah mantan Bupati Jembrana I Gede Winasa. Pada pukul 18.50 wita (terpidana korupsi) ini bebas setelah Rutan Negara menerima SK dari pusat.

Sudah sekian lama dirinya mendekam dalam jeruji besi mempertanggung jawabkan perbuatannya yang merugikan negara senilai Rp 3.819.554.800,- (tiga milyar delapan ratus sembilan belas juta lima ratus).

Korupsi beasiswa STIKES dan STIINA serta kasus korupsi perjalanan dinas yang menjerat dirinya akhirnya diganti dengan membayar uang denda dan uang pengganti. Konfirmasi ini didapat langsung dari Karutan Kelas II B Negara Lilik Subagiyono.

“Hari ini beliau bisa bebas bersyarat setelah kita usulkan ke pusat. Sekitar pukul 17.27 wita SK nya keluar dan beliau keluar dari Rutan sekitar pukul 18.50 wita,” terangnya.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya telah melaksanakan sesuai prosedur dan SOP yang sudah ditentukan untuk pembebasan I Gede Winasa. 

"Berkas sudah lengkap semua dan tidak ada kekurangan suatu apapun semua sesuai prosedur. Sebelum pembebasan kita sudah memberikan arahan bahwa yang bersangkutan tetap di masyarakat berkelakuan baik dan tidak melakukan suatu pelanggaran apapun, komitmennya seperti itu. Untuk pembinaan lanjutan yang bertanggung jawab Lapas Kerobokan Denpasar,” ucapnya.

Likik menjelaskan bahwa I Gede Winasa menjalani pidana selama 13 tahun dan sudah dijalani selama 7 tahun. 

“Kita mengajukan berkas usulan pembebasan ke pusat setelah yang bersangkutan membayar uang denda dan uang ganti rugi berjalan dengan lancar" 

"Selama ini yang beliau selama menjalani hukuman di Rutan Negara berkelakuan baik, baik sesama narapidana maupun kepada petugas, " ungkapnya.

Winasa yang didampingi putranya yang juga merupakan Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna beserta keluarga dan kuasa hukum serta disambut simpatisannya yang berbaju merah di luar kawasan Rutan Negara (jalan raya)

Simpatisan I Gede Winasa dan juga simpatisan lainnya yang berbaju merah juga mendatangi Rutan Negara di antara I Ketut Suastika (cohok) dari partai PDI Perjuangan serta I Nyoman Birawan yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPD II Partai Golkar Jembrana, mereka terlihat dari pukul 14.30 wita. Sekitar pukul 15.00 wita rombongan membubarkan diri lantar SK belum diterima oleh pihak Rutan Negara.

Sempat terlihat Winasa dengan tergesa-geda menaiki mobil Toyota Alphard yang merupakan kendaraan dipakai menjemput dirinya bersama kuasa hukumnya. Jumat (5/7/2024).

Sesampainya di kediamanya di kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, kabupaten Jembrana, I Gede Winasa disambut antusias oleh warga sekitar. mereka berbondong-bondong datang sebelum Winasa tiba di kediamannya. (Tim)