Sambut HUT-43, Dewa Sudarsana Sebut Jaga Keseimbangan Bhuana Agung Bhuana Alit

Sambut HUT-43, Dewa Sudarsana Sebut Jaga Keseimbangan Bhuana Agung Bhuana Alit
Dewa Putu Sudarsana ketua PORPI Bali.

BANGLI - Peringatan Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (PORPI) ke-43 tahun, dengan tema "Dengan Senam PORPI meningkatkan kesehatan, semangat membangun Indonesia Maju" yang digelar di Alun - alun Bangli, Kabupaten Bangli, Minggu (13/10/2024).

Dihadiri oleh anggota PORPI yang berasal dari seluruh Indonesia. Meliputi wilayah Jakarta, Subang, Purwakarta, Bogor, Kerawang, Jawa Timur, NTT, NTB, Kalimantan Tengah, Bekasi, Papua dan seluruh wilayah yang lain bertumpah ruah ikut berolahraga ala PORPI.

Dalam memperingati hari jadinya ini PORPI juga menggandeng acara pelantikan DPC PORPI Bangli Masa Bakti 2024-2027. Massa yang hadir berasal dari luar Bali terhitung sebanyak 300 orang dan dari Bali 200 orang.

Dalam sambutan Dr. dr. Soenanto, MS., Sp.A., selaku Ketua Umum DPP PORPI menerangkan bahwa PORPI pqda awalnya merupakan olahraga Senam Pernafasan tradisional yang berasal dari Cina (chikung).

"Karena akan Nasional maka dirubahlah menjadi PORPI pada 15 Oktober 1981 dan sekarang sudah berusia 43 tahun, " paparnya.

Sementara itu, Kadisdikpora Kabupaten Bangli yang mewakili Pjs. Bupati Bangli Komang Pariartha menyambut baik kegiatan HUT PORPI ke-43 ini.

Ia berharap Olahraga Senam Pernafasan dikembangkan di masing-masing Banjar dan Desa, karena telah ada embrio-embrio di tempat tersebut.

"Mengingat olahraga PORPI tidak memerlukan biaya yang mahal. Lebih menekankan pada olah pernafasan yang tentu berdampak besar bagi kesehatan, khususnya lansia, " ucapnya dalam wawancara singkat.

Dewa Putu Sudarsana selaku ketua DPD PORPI Bali menyebutkan bahwa Bali telah diberikan suatu kehormatan karena dipilih menjadi tuan rumah dari HUT PORPI ke-43 ini.

"Bangli memiliki hawa yang sejuk dan lapangan yang sangat luar biasa, serta masyarakat Bangli sangat antusias untuk menjaga kesehatannya"

Ia juga menerangkan bahwa PORPI ini adalah senam yang menyeimbangkan antara bhuana Agung dengan Bhuana Alit, lantaran Bhuana Agung merupakan sumber energi kehidupan.

Latihan yang berlangsung juga menarik energi yang diakomodasikan masuk kedalam Bhuana Alit yaitu badan kita.

"Kalo di Bali itu namanya proses Pranayama, " ucapnya.

Ia melanjutkan, salam sehat PORPI meletakan tangan sebelah kiri di posisi jantung manusia dengan kepalan tangan yang mengartikan terus bersemangat.

"Dengan turut serta olahraga pernafasan ini diharapkan khususnya kaum Werdha (usia lanjut) bisa memperpanjang umur sekaligus sehat badan dan jiwa,” pungkasnya. (Ray)