Kenali Pentingnya Penggunaan Tabir Surya (Sunscreen)

Kenali Pentingnya Penggunaan Tabir Surya (Sunscreen)

Artikel Edukasi Kesehatan

Oleh: Dr. dr. Ketut Kwartantaya Winaya, Sp.D.V.E, Subsp.O.B.K, FINSDV, FAADV

DENPASAR - Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berkepanjangan dan dalam waktu yang lama memiliki efek yang dapat merusak kulit. Sinar ultraviolet yang mencapai permukaan bumi terbadi menjadi 2 yaitu UVA dan UVB. Sinar ultraviolet A (UVA) menyebabkan penuaan kulit (aging) yaitu timbulnya bercak kehitaman pada kulit, kulit kendur dan kerutan pada kulit.

Sementara ultraviolet B (UVB) menyebabkan kulit terbakar. Baik UVA maupun UVB dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit. 

Untuk mencegah efek yang tidak baik dari sinar matahari, sebaiknya melakukan perlindungan secara mekanikal (seperti menggunakan topi, payung, pakaian lengan panjang, menggunakan kacamata anti radiasi UV, atau tidak berjemur dibawah cahaya matahari langsung) dan secara kimiawi dengan menggunakan tabir surya (sunscreen).

Dr. dr. Ketut Kwartantaya Winaya, Sp.D.V.E, Subsp.O.B.K, FINSDV, FAADV

Dr. dr. Ketut Kwartantaya Winaya, Sp.D.V.E, Subsp.O.B.K, FINSDV, FAADV

Tabir surya (sunscreen) adalah produk kosmetik untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi sinar matahari. Tabir surya topikal yang menyerap atau memantulkan radiasi untuk melindungi kulit dari efek berbahaya dari radiasi sinar ultraviolet (UV). Terdapat 3 jenis tabir surya yaitu chemical sunscreen, physical sunscreen dan hybrid sunscreen. 

Chemical sunscreen (organic sunscreen) merupakan tabir surya yang berfungsi menyerap radiasi sinar UV, menguraikan dan dan perlahan melepaskannya kembali melalui kulit. Physical sunscreen (mineral sunscreen) berfungsi untuk memantulkan radiasi sinar UV, sementara hybrid sunscreen memiliki bahan yang menyerupai chemical sunscreen namun berfungsi memantulkan radiasi sinar UV. 

Untuk perlindungan yang baik disarankan menggunakan tabir surya yang memiliki faktor perlindungan terhadap UVB atau sun protecting factor (SPF) minimal 30 dan memiliki protection grade of UVA (yang umumnya disingkat PA) bertuliskan minimal PA++. Penggunaan tabir surya sebanyak 2 ruas jari cukup untuk melindungi area wajah dann leher.

Tidak hanya area wajah dan leher, sebaiknya perlindungan juga diberikan pada area yang terpapar cahaya matahari. Tabir surya harus dioleskan kembali setiap 3-4 jam dan disarankan digunakan juga walaupun bekerja di dalam ruangan. 

Apabila mengalami kesulitan dalam memilih tabir surya yang sesuai untuk jenis kulit atau mengalami alergi terhadap tabir surya tertentu, dapat melakukan konsultasi ke Dokter Spesialis Dermatologi Venereologi dan Estetika (Sp.D.V.E) atau Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK) terdekat di kota anda. (Tim)

Referensi:

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). Artikel Kesehatan Kulit. Dapat diakses pada (klik untuk link)

https://webperdoski.id/uploads/original/2017/08/media-1502961329.jpg

Donglikar MM, Deore SL. Sunscreen: A review. Pharmacognosy Journal. 2016;8(3):171-179.Orengo I, Asad U, Elserag L. Sun Protection: A Comprehensive 2022 Dermatologic Review. J Fam Med Dis Prev. 2023;9(154):1-6.