Bali Nice Buka World Water Forum ke-10 Dengan Upacara Tumpek Uye dan Segara Kerthi 

Bali Nice Buka World Water Forum ke-10 Dengan Upacara Tumpek Uye dan Segara Kerthi 
Zefri Alfaruqy, Sr Manager Communications, PT Bali Turtle Island Development.

DENPASAR - Acara 'Bali Nice' yang berupa rangkaian upacara Tumpek Uye dan Segara Kerthi akan menjadi acara pembuka World Water Forum ke-10 bertempat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura Kura Bali pada hari Sabtu, 18 Mei 2024.

Segara Kerthi adalah upacara yang diadakan di hari baik sebagai bentuk memuliakan laut, yang juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan pesisir demi keberlanjutan kehidupan alam laut.

Sementara itu, Tumpek Uye merupakan tradisi upacara untuk menghormati hewan dan menunjukkan rasa terima kasih atas peran mereka dalam kehidupan manusia. Sebagai bagian dari upacara ini, hewan-hewan seperti burung dan tukik akan dilepaskan sebagai simbol penghargaan kelestarian alam Sebagai bagian dari acara World Water Forum ke-10, Bali Nice' juga diadakan untuk menekankan nilai-nilai budaya yang mendalam dan memberikan kesempatan untuk mempelajari pentingnya keberlanjutan alam laut serta tantangan global lainnya.

Dengan fasilitas yang memadai, termasuk lokasi strategis yang mudah diakses para delegasi dari seluruh dunia KEK Kura Kura Bali siap mengemban amanah kehormatan sebagai tempat penyelenggaraan dari acara 'Bali Nice' 2024 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

"Kami sangat senang dan pangga dapat menjadi bagian dari acara tingkat dunia ini. Dengan diadakannya 'Bali Nice' di kawasan kami, dapat dilihat bagaimana kami mencerminkan komitmen kami terhadap keberlanjutan dan apresiasi kami terhadap warisan budaya Bali", ujar Zefri Alfaruqy, Sr Manager Communications, PT Bali Turtle Island Development, 23 April 2024.

'Bali Nice' dan juga World Water Forum diharapkan untuk dapat memberikan pengalaman yang kaya akan budaya dan menekankan peran penting air secara lokal maupun dunia.

PT Bali Turtle Island Development (BTID) adalah master developer KEK Kura Kura Bali. Kawasan seluas 498 hektar ini terhubung dengan baik ke daratan melalui jalan raya dan hanya berjarak sekitar 15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. 

Melalui PP NO 23/2023, pada 5 April 2023, kawasan ini ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura Kura Bali, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pariwisata Bali sebagai tujuan wisata berskala internasional. 

Menyadari pentingnya harmoni antara manusia, alam, dan spiritualitas, KEK Kura Kura Bali berupaya menjadi prototipe pergeseran dari wisata massal menjadi wisata berkualitas yang menyeimbangkan antara kepentingan ekonomi, kelestarian lingkungan dan inklusif secara sosial.

Pembangunan pertama di KEK Kura Kura Bali adalah Kampus UID Bali yang telah diresmikan pada 2022. United in Diversity atau UID, adalah sebuah yayasan pendidikan kepemimpinan keberlanjutan, berkolaborasi dengan Tsinghua Southeast Asia Center (Tsinghua SEA) yang bertempat di dalam Kampus UID, dengan fokus pada pendidikan tanpa gelar dan pertukaran budaya.

Selain The Grand Outlet Bali, ACS Bali akan membuka pintunya untuk pelajar angkatan

pertama pada kuartal 3 tahun 2024 di Kampus UID, sementara kampus ACS sedang dibangun dan dijadwalkan selesai pada tahun 2025.

Hal penting lainnya untuk beberapa tahun ke depan mencakup persiapan lokasi untuk marina bertaraf internasional, dan pratinjau vila mewah di kawasan KEK Kura Kura Bali menghadirkan peluang yang sangat besar bagi industri pariwisata dan industri kreatif, memberdayakan bisnis untuk mengubah ide-ide inovatif menjadi produk yang layak secara komersial di berbagai sektor seperti rekreasi, gaya hidup, hotel, resor, perumahan, kesehatan, pendidikan, inovasi, kesehatan, dan wellness-kebugaran.

"Nanti akan dilepaskan burung merpati dari KLHK dan sebanyak 1.000 tukik di pesisir KEK," kata Zefri Alfaruqy selaku Senior Manager Communications PT Bali Turtle Island Development.

Lanjutnya, bahwa sebagai bagian dari acara World Water Forum ke-10, event Bali Nice juga diadakan untuk menekankan nilai-nilai budaya yang mendalam dan memberikan kesempatan untuk mempelajari pentingnya keberlanjutan alam laut serta tantangan global lainnya. 

"Momentum Bali Nice di KEK Kura Kura Bali diharapkan memberikan impact secara langsung dan tindak langsung para investor delegasi di sejumlah negara, mereka bisa mengenal dan berinvestasi di Bali, khususnya di KEK Kura Kura Bali," harapnya. (Tim)