Badung Juara Umum Turnamen Life Saving di Pelabuhan Ratu

Badung Juara Umum Turnamen Life Saving di Pelabuhan Ratu
Keterangan Foto atas, Kepala Dinas Pariwisata Rudiarta SSTP. MM berpose bersama usai menerima Penghargaan dan Tropi bersama Atlit dan Presiden Balawista Indonesia Suparka

Balawista, Badan Penyelamat Wisata Tirta memiliki peran penting bagi destinasi wisata pantai dan wisata air di Kabupaten Badung

.Sukabumi | Balisatuberit - Kontingen Badan Penyelemat Wisata Tirta yang lebih dikenal dengan Life saving Guard Kabupaten Badung Provinsi Bali berhasil menorehkan prestasi Gemilang,  dari 6  gatagori  Lomba kontingen Badung Raih posisi Juara 1 dan juara 2 sekaligus ditetapkan sebagai Juara Umum  pada pelaksanaan Even Nasional Pelabuhan Ratu Life Saving Turnamen 2023, Sabtu - Minggu 11 dan 12  Novenber 2023,  di Pantai Citepus, Pelabuhan Ratu Sukabumi Jabar.

Penyelenggaraan  Turnamen  nasional  Pelabuhan Ratu Life saving Turnamen 2023 yang diinisiasi oleh Presiden Balawista Indonesia dihadiri Oleh Wakil Bupati Sukabumi Drs Haji Iyos MSI, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Provinsi Bali  I Nyoman Rudiarta. SSTP. MM, Disparbud Sukabumi, Camat Sukabumi, Basarnas, Kapolres Sukabumi dan asosiasi qkepariwisataan di Kabupaten Sukabumi  dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sukabumi Drs Haji Iyos Monatri. MSI.sabtu 11/11  

Wabup Sukabumi yang Juga sebagai Kepala Badan Pengelola Unesco Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu ini dalam  sambutannnya menegaskan bahwasanya  pelaksanaan Even Nasional Pelabuhan Ratu Life saving Turnamen tahun 2023 ini amat penting dan strategis karena akan menjadi media silahturahmi seialigus  berkontribusi dalam  meningkatkan skill dan kesiapsiagaan anggota Balawista Indonesia dalam  menjaga dan menyelamatkan nyawa korban bila terjadi kejadian di laut. Keberadaan life guards sangat  diharapkan dapat menghadirkan kenyamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang menikmati wisata di laut . Selain itu  Balawisata juga berperan mengajak dan mengedukasi masyarakat menjadi bagian dari penyelematan diri dan keluarga, menurut Wabup Iyos, dalam konteks sinergitas dengan Geopark Ciletuh. bila kecelakaan  laut dapat diminimalisasi maka penilaian unesco juga akan meningkat karena Pelabuhan Ratu telah mendapat pengakuan dari Unesco sebagai  Global Geopark Ciletuh sejak tahun 2018. Hal terpenting dari   kegiatan Turnamen Balawista ini juga  Menjadi momentum terbaik dalam pengembangan Geopark Pelabuhan Ratu, dan menjadi saat yang tepat membuktikan kesiapan  bagi anggota balawista dalam menyambut kunjungan wisatwan saat momentum natal dan tahun baru mendatang.

Sementara itu disela sela pertandingan Presiden Balawista Indonesia  Made Suparka dalam Sambutannnya  mengungkapkan historis  Balawista Indonesia yang hadir justru dari kelahiran Badan Penyelamat Wisata Tirta Kuta Provinsi  Bali yang  berdiri  sejak tahun 1972 digagas oleh Kevin Weldon asal Australia, berawal dari pertemuan dengan  Mr. Kevin Weldon yang juga sebagai Presiden of international life saving federation berpusat di Australia bersama bapak Gede Barata, akhirnya berdirilah Balawista yang awalnya lebih dikenal disebut sebagai Life safing Guards, dan dari Bali dan Kuta inilah cikal bakal berdirinya Balawista Indonesia, sementara untuk perkembangan di Bali khususnya di Kuta tepatnya berdiri 28 oktober Tahun 1972 yang dikenal eng Waja Surf life saving Club, kemudian sejak tahun  1978 seiring perkembangan destinasi wisata Pantai Kuta sebagai ikon pariwisata Bali diserahkan kepada Pemda dibawah koordinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Badung dan menjadi Balawista, saat ini kita kembali melaksanakan kompetisi life safing competitions  dengan tema Pelabuhan Ratu life saving Turnament 2023, seraya berucap  selamat bertanding dengan sportif tunjukkanlah skill dan kemampuan Terbaik anda semuanya.

Kontingen Kabupaten Badung berjumlah 15 Orang  termasuk offisial dipimpin langsung Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Nyoman Rudiarta. SSTP. MM, didampingi Sekdis Anak  Agung Raka Yuda, Kepala Bidang Destinasi dan Obyek Wisata IR Made 1Sukayasa, Jafung Adyatama Kepariwisataan Agung Ratih, Ngurah putra, Kepala UPTD Balawista Kuta I Ketut Ipel serta 10 Atlit yang mengikuti secara penuh 6 katagori pertandingan dan berhasil meraih posisi Juara Umum dengan perolehan prestasi1 sebagai Juara 1 dan juara 2 pada Kata Gori Lomba Lari 1000 meter, Juara 1 dan 2 pada1 lomba kecepatan dan ketangkasan merebut bendera atau dikenal dengan Beach Plag, juara1 1 dan juara 2 Lomba Lari dan Renang(Run Swim Run), Juara satu dan1 Juara 2 pada lomba renang membawa  board atau dikenal dengan Board Race,  serta juga1 meraih juara 1 dan 2 pada lomba board Rescue berpasangan.
Kepala Dinas Pariwisata I¹ Nyoman Rudiarta. MM Yang mendampingi para atlit Kontingen Badung dari sejak Pagi hari hingga sore hari mengungkapkan apresiasi dan syukurnya dengan tiada henti menyebut Nama Atlit1 yang bertanding, menurutnya Buah prestasi ini dilahirkan karena selain kesiapan mental dan fisik yang1 ditempa seiak Jauh hari tentu juga berkat kepiawaian Tim offisial Badung yang jeli1 menempatkan personil sesuai kecakapan dan skill nya masing masing...sekali lagi1 apresiasi mendalam dan selamat kepada para Atlit  Balawista  Pelatih dan offisial kontingen Keris Badung yang telah1 bekeja keras mulai dari penyiapan latihan rutin dengan komitmen tinggi1 mengikuti arahan dan skedul pelatihan selama persiapan di Kuta Bali, akhirnya Terbukti juga Bahwa usaha dan kerja keras kita akan mengantarkan kita pada1 prestasi dan pengharapan yang ditargetkan," pungkasnya (*)