Tepat Di Hari Raya Kemerdekaan RI Ke-79, Pangdam IX/Udayana Resmikan Lapangan Tembak Praja Rakcaka Shooting Range

Tepat Di Hari Raya Kemerdekaan RI Ke-79, Pangdam IX/Udayana Resmikan Lapangan Tembak Praja Rakcaka Shooting Range
HUT Kemerdekaan RI Ke-79, sebagai hari peresmian lapangan tembak pistol, Praja Rakcaka Shooting Range oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, Sabtu (17/8/2024)

BALI - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi melakukan peresmian lapangan tembak pistol, Praja Rakcaka Shooting Range, yang bertepatan di Hari Kemerdekaan RI Ke-79, Sabtu (17/8/2024).

Tujuannya, semakin menambah semangat kebangsaan dan kebersamaan di kalangan prajurit serta masyarakat.

Pangdam Letjen TNI Bambang Trisnohadi menyampaikan bahwa lapangan tembak ini sebelumnya berada dalam kondisi yang memprihatinkan, menyerupai gudang yang berantakan. 

Namun, berkat upaya keras Dandenintel Letkol Kav Kurnia Santiaji Wicaksono, lapangan ini berhasil direnovasi hingga menjadi fasilitas yang sangat memadai seperti yang dilihat hari ini.

“Keberadaan Praja Rakcaka Shooting Range sangat penting dalam memajukan kemampuan menembak dan sebagai lokasi latihan Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Bali,” ujar Pangdam Letjen TNI Bambang Trisnohadi yang juga merupakan Lulusan Terbaik Akmil 1993, kepada wartawan dilokasi, Sabtu (17/8).

Pangdam menegaskan bahwa lapangan tembak ini tidak hanya diperuntukkan bagi TNI/Polri, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum, khususnya komunitas menembak Perbakin.

“Kelebihan lapangan tembak ini adalah lokasinya yang dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai, Badung. Saya berharap ke depan fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, termasuk untuk meningkatkan kemampuan prajurit dan atlet Perbakin Bali. Ke depan, kita juga bisa mengadakan event-event di sini,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan awak media usai meresmikan Praja Rakcaka Shooting Range, Pangdam Letjen TNI Bambang Trisnohadi bergegas berpamitan dan berpindah tempat, mengingat dirinya akan melakukan Sertijab, lantaran akan bertugas di tempat yang baru.

Selain itu, peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita merah putih sebagai simbol resmi dibukanya Praja Rakcaka Shooting Range. 

Bahkan, para tamu undangan dan juga wartawan diberi kesempatan untuk mencoba menembak menggunakan pistol di lapangan yang baru diresmikan tersebut.

“Sayangnya, saya baru meresmikan lapangan tembak ini dan dalam tiga hari ke depan, saya harus melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab). Jadi, belum lama saya bisa menikmati fasilitas lapangan tembak ini,” ungkap Pangdam yang juga merupakan Lulusan Terbaik Akmil 1993.

Pangdam pun berharap agar lapangan tembak ini menjadi salah satu sarana penting untuk kegiatan olahraga menembak dan rekreasi, serta menjadi ajang silaturahmi dan kompetisi sehat di kalangan anggota TNI dan masyarakat.

Sebagai informasi, jabatan Pangdam IX/Udayana yang saat ini dipegang oleh Letjen TNI Bambang Trisnohadi akan digantikan oleh Mayjen TNI Muhammad Zamroni. (Ich)