Gubernur Bali Buka PORPROV Bali XV Harap Pertahankan Prestasi yang dicapai pada PON yang lalu

Gubernur Bali Buka  PORPROV Bali XV Harap Pertahankan Prestasi yang dicapai pada PON yang lalu
Dok : Istimewa

Bali Satu Berita  | Denpasar - Gubernur Bali, Wayan Koster, membuka Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Bali XV 2022, Minggu (20/11). Acara akbar ini diselenggarakan di Lapangan Utama Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Renon Denpasar, Bali.

Perhelatan dipandu oleh komedian Celokonting Mas dengan menghadirkan dua Joged Bumbung di awal acara. 

Parade atlet dimulai pada jam 5 Wita. Masing - masing kontingen dari 8 Kabupaten secara bergantian melakukan parade dan meneriakkan yel - yel sebagai penyemangat.

Hampir seluruh jajaran Pemrov Bali hadir dalam acara itu, yang tentu saja didampingi oleh seluruh pengurus KONI Bali. 

Gubernur Bali dalam sambutannya memgatakan agar Porprov tahun ini mampu melahirkan prestasi dan Atlet terbaik, juga menghasilkan Juri dan Wasit terbaik untuk menyambut event olahraga di tingkat nasional maupun internasional.

“Yang terpenting adalah kita mampu melahirkan prestasi terbaik, menghasilkan Atlet-atlet terbaik, menghasilkan juri dan wasit terbaik yang kita persiapkan dalam event nasional maupun internasional dimasa yang akan datang,” sambutnya semangat.

Sebagai tambahan, Wayan Koster mengatakan peringkat ke-5 yang diraih Bali pada PON Papua lalu diharapkan agar tetap dipertahankan, bila perlu ditingkatkan menjadi peringkat ke-4.

“Pada PON 2024 yang akan datang setidaknya bisa mempertahankan peringkat ke-5, atau kalau perlu bisa naik ke peringkat 4. Inilah yang harus diupayakan bersama, dijalani penuh keseriusan, komitmen, serta cita - cita dengan penuh kekompakan,”  tambahnya.

Dilain pihak, KONI pusat yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum III Tursandi Alwi mengatakan, menjelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia diharapkan mampu membawa harapan yang baik dari sisi prestasi olahraga di tanah air.

“Kita harus masuk 5 besar peringkat Olimpiade menjelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia sebagai sasaran disain besar olahraga nasional, artinya kita harus cetak juara Olimpiade untuk dongkrak peringkat kita,” tandasnya.

Karena itu kata Dia, Atlet dari Provinsi Bali agar menjadi tulang punggung Indonesia, mengingat Bali merupakan salah satu provinsi yang memiliki Atlet paling produktif di level nasional.

“Saya berharap Atlet Bali menjadi tulang punggung Indonesia dalam single multi event fokus pada cabang olahraga unggulan menjadi solusi menuju prestasi,” terangnya.

Ia pun meminta agar keberhasilan Bali dalam pembinaan para atlet harus ditingkatkan, dimana pada PON Papua lalu Bali masuk 5 besar, karena itu KONI Pusat optimistis Bali akan mampu bertahan pada pekan olahraga ke 21 di Sumut dan Aceh tahun 2024.

“Pada PON 2021 di Papua Bali masuk 5 besar, saya yakin Bali akan mampu semakin baik pada Pekan Olahraga Nasional ke-21 di Aceh dan Sumut tahun 2024,” tutupnya.

Pernyataan mantan Ketua KONI Bali

Di tempat terpisah, mantan ketua KONI Bali I Ketut Suwandi optimis gelaran PORPROV Bali XV akan sukses. Ia menilai jika pesta olahraga tingkat Provinsi ini sudah dipersiapkan oleh semua stakeholders, baik dari Cabor, KONI Provinsi/Kabupaten dan sebagainya. "Saya kira kalau ini benar - benar sudah dilaksanakan dengan tujuan serta fokus untuk meraih prestasi dan dijadikan sebagai alat untuk mencapai prestasi lebih tinggi saya kira kedepannya KONI akan lebih baik. Seperti apa yang disampaikan oleh pak Gubernur bahwa estapet itu harus menjadi pedoman. Saya dulu waktu Bali meraih ranking 9 itu tekad saya sampaikan saat pidato sewaktu baru terpilih, saya bilang kalau saya tidak mampu untuk sama maka tanpa dimintapun saya akan mundur," ungkapnya. Terkait Pekan Olahraga Nasional (PON) Beliau juga menambahkan jika 68% pengurus KONI yang sekarang merupakan pengurus lama, jadi mereka sudah tahu strategi - strategi sebelumnya. "Mereka tinggal fokus saja sekarang," tambahnya sembari mengakui jika tantangan pada PON XX1 akan lebih berat mengingat 2023 merupakan tahun politik dan 2024 memasuki PraPON. 

Warga yang hadir tampak terpukau dengan seremoni pembukaan PORPROV XV yang diwarnai dengan pesta kembang api dan paket hiburan dari grup band XXX.(*)