'Body' Turyapada Tower Rampung, Koster Sebut Tak Kalah Hebat dari 5 Tower Dunia

'Body' Turyapada Tower Rampung, Koster Sebut Tak Kalah Hebat dari 5 Tower Dunia
Pembangunan ikon baru pulau Bali.

DENPASAR - Melihat akun IG (Instagram) Ni Putu Putri Suastini (Bunda Koster), ia menggugah video tentang proyek monumental warisan Gubernur Bali periode 2018 - 2023 yang akan segera tuntas dalam waktu dekat, Kamis (06/06/2024).

Proyek pembangunan Turyapada Tower yang terletak di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Buleleng ini akan terwujud lebih tinggi dari menara Eiffel yang ada di Perancis sana.

Dalam video tersebut seseorang (pemilik akun_red) menanyakan apa yang ada di meja dihadapan Wayan Koster itu.

"Wah cantik sekali niki, Napi niki bli, miniatur atau cindramatakah ?, " tanyanya.

Lalu dijawab oleh Koster dengan, " Bukan cinderamata, tetapi nantinya akan jadi cinderamata"

"Ini adalah tower Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali, tower terpadu multifungsi, " jawab Koster. 

Ia juga menjelaskan dalam video tersebut bahwa fungsi utama dari tower tersebut adalah jaringan pemancar, baik televisi dan jaringan telekomunikasi lainnya.

Tower ini sudah diuji coba dan ada 30 pemancar televisi nasional akan ada disana yang dapat memancarkan hampir 80% jangkauan masyarakat di daerah wilayah Buleleng, Jembrana dan Karangasem.

" Jadi masyarakat nantinya tidak perlu lagi menggunakan antena parabola"

Lalu ia menjelaskan dibawahnya adalah tempat planetarium yang menayangkan astronomi kearifan lokal Bali, seperti Wariga dan hari baik lainya yang merupakan warisan adiluhung para leluhur di Bali.

"Akan ditayangkan secara digital"

Lalu ia kembali menjelaskan posisi menara yang dibawahnya lagi adalah sebuah restaurant putar 360⁰. Lalu dibawahnya lagi ada 'Skywalk' yang dapat melihat pemandangan sekitarnya seperti Danau Buyan, Danau Beratan, Danau Tamblingan dan kemudian laut di sepenjang Jembrana dan Buleleng.

"Dibelakangnya bukit jadi indah sekali, " ungkap Koster.

Berlanjut dibawahnya lagi ada restauran statis (rumah makan biasanya) yang disebelahnya ada jembatan kaca yang dapat membuat jantung berdetak kencang (sport jantung) ucap Koster.

"Kemudian ini (menunjuk dibawahnya) akan menjadi perpustakaan dan convention untuk pertemuan - pertemuan lainnya.

"Daerah ini (menunjuk) akan menjadi pusat pertumbuhan perekonomian di Bali, yang badan towernya (tiang) sudah rampung bulan Juni (2024) ini" 

Kemudian kawasannya dan akses masuknya akan rampung pada tahun 2025 mendatang. 

Ia juga berharap ini nantinya dapat menjadi ikon baru bagi Bali dan pusat perekonomian baru bagi Bali serta wilayah yang ada seperti kabupaten Buleleng dan Kabupaten Tabanan.

Pedestrian tower berfungsi sebagai penunjang seperti wisata konvensi, laboratorium pendidikan, dan Museum Keunggulan Kebudayaan Bali dalam berkomunikasi, memanfaatkan teknologi. 

Tower ini juga tidak kalah hebat dari tower - tower terkenal di dunia, seperti Tokyo Tower, Menara Eiffel, Toronto Tower, Canton Tower dan lainnya. (Tim)