Jam Tangan Pintar Apple Watch Series 7

Jam Tangan Pintar Apple Watch Series 7
Tampilan layar pada Apple Watch Series 7 (Sumber: NotebookCheck.net)

Oleh: Daniel Syah Reza Zotan

Apple Watch Series 7 merupakan produk terbaru dari Apple,Inc yang termasuk dalam lini produk Apple Watch. Apple Watch merupakan perangkat yang disebut sebagai Smartwatch atau jam tangan pintar. Perangkat ini memiliki beragam fitur yang tidak dimiliki oleh jam tangan biasa, seperti mendengarkan musik dan mengukur detak jantung dari pemakainya. Apple Watch Series 7 memiliki ukuran layer yang sedikit lebih besar dibandingkan perangkat pendahulunya yaitu sebesar 20%. Perangkat Apple Watch seri terbaru ini juga memiliki lebih banyak pilihan warna yang atraktif sehingga dapat menarik perhatian banyak calon konsumen untuk membelinya. Apple juga menambahkan beberapa fitur baru pada Apple Watch Series 7 seperti second screen itu untuk pengguna iPhone dan aplikasi untuk memantau tingkat oksigen dalam darah secara berkala.

Apple Watch Series 7 (Sumber: techradar.net)

 

Perangkat ini tersedia dalam 5 warna, yaitu Blue, Midnight, Starlight, Green, dan Red. Jenis layar yang digunakan pada Apple Watch Series 7 adalah layar OLED dengan sedikit lengkungan di setiap sisi. Ukuran layar yang lebih besar dibandingkan pendahulunya membuat Apple Watch Series 7 nampak lebih leluasa dilihat oleh pengguna dan memberikan berbagai fitur yang lebih membuat nyaman seperti ukuran pesan teks atau tombol yang lebih besar.

Daya yang dimiliki perangkat Apple Watch Series 7 tidak mendapatkan upgrade dibandingkan dengan perangkat pendahulunya, sehingga chip yang digunakan yaitu S7 hanya dirancang untuk desain ukuran perangkat yang lebih besar. Meski demikian, sistem operasi pada perangkat ini yaitu WatchOS 8 memungkinkan pengguna untuk memantau aktivitas saat melakukan olahraga, menampilkan gambar atau membaca pesan teks dengan lebih mudah.

Aktivitas yang dapat dilacak oleh Apple Watch Series 7 diantaranya adalah lari, bersepeda, dan berenang. Selain itu juga tersedia aplikasi yang dapat digunakan ketika melakukan meditasi dan ring system untuk mengetahui seberapa besar keaktifan dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

 

Desain dan Display

Apple Watch Series 7 dirancang agar dapat lebih kokoh, jam tangan pintar ini memiliki ketahanan terhadap debu dan air (hingga WR50, untuk berenang dan menyelam). Dilengkapi dengan sertifikat IP6X, perangkat ini dapat mencegah kotoran dan partikel perusak sejenis masuk ke bawah bingkai jam. Kaca yang terdapat di bagian atas layer OLED memiliki kecerahan dan ketahanan yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya goresan atau pecah.

Tampilan layar pada Apple Watch Series 7 (Sumber: NotebookCheck.net)

 

Daya Baterai

Apple mengklaim bahwa Apple Watch Series 7 dapat bertahan selama 18 jam dengan sekali pengisian daya (charging), namun perangkat ini setelah diuji secara teratur ternyata dapat bertahan selama lebih dari 24 jam bahkan dengan penggunaan GPS yang dapat menguras daya baterai.

Komponen baterai pada Apple Watch Series 7 (Sumber: idownloadblog.com)

 

Pengisian ulang daya baterai (charging) juga dapat dilakukan dengan cepat menggunakan pengisi daya dengan pita perak yang disediakan di dalam kotak. Waktu yang diperlukann untuk mengisi ulang daya baterai sampai penuh adalah 75 menit, meskipun saat ujicoba hanya memerlukan waktu 64 menit dan bisa lebih cepat lagi dengan tipe kabel pengisian daya yang berbeda yiatu 50% dalam 30 menit dan lebih dari 80% dalam 45 menit.

 

Performa

WatchOS 8 adalah sistem operasi terbaru dari Apple yang dirancang untuk Apple Watch Series 7 pada tahun 2021, namun sistem operasi ini tidak begitu membawa banyak perubahan dalam meningkatkan pengalaman pengguna ketika memakai Apple Watch. Apple Watch Series 7 ditenagai oleh chipset baru yaitu S7, namun chipset ini tidak terbilang lebih unggul dibandingkan dengan chipset S6 yang terdapat pada Apple Watch Series 6. Chipset ini hanya didesain ulang agar sesuai dengan ukuran dan sasis dari Apple Watch Series 7.

Komponen chipset pada Apple Watch Series 7 (Sumber: 9to5mac.com)

 

Melalui serangkaian ujicoba, ditemukan bahwa Apple Watch Series 7 dapat memberikan respon dengan sangat baik sesuai dengan apa yang diminta oleh pengguna seperti menavigasi menu dan berpindah antar aplikasi dengan mulus.

 

Harga dan ketersediaan

Apple Watch 7 tersedia mulai tanggal 15 Oktober 2021 dengan harga awal yaitu $399 atau sekitar Rp5,700,000 untuk model 41mm. Harga untuk model 45mm yang lebih besar dimulai dari $429 atau sekitar Rp6,200,000. Untuk mendapatkan dukungan melalui perangkat seluler, yang memungkinkan Apple Watch agar dapat bekerja secara opsional melalui iPhone maka pengguna perlu menghabiskan sekitar $499 atau Rp7,200,000 untuk ukuran 41mm dan $529 atau Rp7,600,000 untuk ukuran 45mm.