Danrem Buka Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika di Margarana, Tabanan

Danrem Buka Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika di Margarana, Tabanan

Tabanan -  Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Agus M. Latif memimpin acara pembukaan perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Serentak TA 2024 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Margarana, Kabupaten Tabanan, Sabtu (03/2/24).

Diikuti oleh perwakilan sejumlah anggota Pramuka Saka Wira Kartika dari masing masing Kodim se-Bali.  Bertindak selaku inspektur upacara (Irup), Danrem 163/Wira Satya juga menyaksikan upacara tersebut lewat virtual, yang secara terpusat digelar di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Kegiatan ini dirangkai dengan penanaman pohon oleh Danrem 163/Wira Satya beserta sejumlah tamu undangan, dilanjutkan dialog virtual dengan Kasad dan para Pangdam se-Indonesia, dan pengobatan massal bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan jiwa patriotisme para anggota Pramuka Saka Wira Kartika. 

Ketika membacakan sambutan Kasad, Danrem 163/Wira Satya mengatakan, Kasad selaku Pembina Saka Wira Kartika Tingkat Nasional mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan tersebut, sehingga seluruh rangkaian kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat, termasuk anggota Pramuka.

  "TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta memberikan wawasan kebangsaan yang kuat, sehingga menjadi generasi yang mampu mengisi kemerdekaan ini, yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, Terselenggaranya kegiatan Persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin serta kepedulian tentang pelestarian lingkungan dan alam sekitar"ujarnya. 

Melalui kegiatan ini, Kasad berharap dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global, hal ini selaras dengan tema kegiatan yaitu “Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”.

Makna dari tema Ini adalah harmonis dengan Dasa Darma Pramuka poin kedua yaitu, cinta alam dan kasih sayang kepada sesama manusia dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar.  Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Serentak TA 2024 ini berlangsung selama dua hari (3 dan 4 Februari 2024), merupakan salah satu program kerja Pramuka Saka Wira Kartika yang bertujuan untuk membentuk karakter, mental, dan fisik para anggota Pramuka Saka Wira Kartika yang tangguh, berani, dan berjiwa ksatria.(Tim)