Pangdam Zamroni: Maulid Nabi Memotivasi Keluarga Besar Kodam IX/Udayana

Pangdam Zamroni: Maulid Nabi Memotivasi Keluarga Besar Kodam IX/Udayana
Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Yusman Madayun

Denpasar- Rasulullah SAW adalah tauladan yang terbaik bagi umat Muslim. Ahlak, dan perilaku beliau senantiasa menjadi dasar dalam syiar agama yang dilakukan-Nya. Rasulullah selalu menganjurkan, bahwa dalam menyebarkan agama Islam adalah dengan kelembutan budi pekerti dan tauladan yang baik, bukan dengan kekerasan apalagi menggunakan kekuatan senjata. Dengan tauladan Rasulullah itulah kita berharap, seluruh Personel Kodam IX/Udayana dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal tersebut disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni, S.IP., M.Si. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Yusman Madayun saat acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1446 H/2024 M di Masjid Al-Istiqomah Makodam IX/Udayana jln. Udayana no 1 Denpasar, pada Rabu, 18 September 2024.

Lebih lanjut Pangdam Zamroni menyampaikan bahwa dengan tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW dalam Mewujudkan Personel TNI AD yang Religius”. hendaknya dapat memotivasi keluarga besar Kodam IX/Udayana untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan dalam beribadah serta melandasi setiap pelaksanaan tugas.

Pada kesempatan tersebut penceramah Bapak Drs. KH. Saefuddin Zaini, M.Pd.I. menyampaikan bahwa Keteladanan Rasulullah itu ada yang bersifat lokal ada yang bersifat universal. Seperti contoh pakaian keseharian termasuk kumis jenggot itu adalah keteladanan lokal dan itu tidak wajib Tetapi kalau ketauladan universal itu ketauladan yang bisa dicontoh dalam segi apapun seperti kepemimpinan, keberanian, kecerdasan dan lain sebagainya. “Nabi Muhammad SAW diutus untuk memperbaiki akhlak manusia sebagai uswah atau sebagai suri tauladan bagi umat manusia”,ujarnya.

Sementara itu Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IX/Udayana, Kolonel Inf Agung Udayana, S.E., M.M., dalam keterangannya menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lingkungan Kodam IX/Udayana merupakan salah satu wujud nyata pembinaan mental dan spiritual bagi para prajurit. Acara ini bertujuan untuk menginspirasi personel TNI AD agar meneladani sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka.

“Melalui kegiatan keagamaan seperti ini, Kodam IX/Udayana berharap dapat membentuk prajurit yang religius, berkarakter kuat memiliki sikap disiplin dan loyalitas sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan dalam tugasnya dengan landasan moral yang kokoh”,ujarnya. 

Hadir pada kegiatan tersebut Kapok Sahli Pangdam IX/Udy,  Asrendam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, LO AL, para Dan/Ka Satuan Jajaran Kodam IX/Udy serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana dan Pengurus Persit KCK PD IX/Udy. (Pendam IX/Udy)