Pangdam Zamroni Hadiri Open Ceremony Bali Internasional Air Show 2024

Pangdam Zamroni Hadiri Open Ceremony Bali Internasional Air Show 2024

Badung – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Muhammad Zamroni, S.IP., M.Si., menghadiri acara Open Ceremony Pameran Kedirgantaraan Bali Internasional Air Show (BIAS) Tahun 2024 yang dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, bertempat di Apron Selatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, pada Rabu (18/9/2024).

Acara diawali dengan Penandatanganan Kerjasama Penyelenggaraan BIAS 2024 oleh Menko Marves RI, Kementerian Perhubungan, TNI AU dan PT. Inaro Tujuh Belas. Dilanjutkan dengan sambutan dari Presdir PT. Inaro Tujuh Belas dan Menko Marves RI. Peresmian pembukaan BIAS 2024 ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan secara bersama-sama oleh Menko Marves RI, Menhub RI, Kasetpres RI dan Kepala Staf TNI AU.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam Zamroni beserta tamu undangan lainnya berkesempatan untuk menyaksikan Aksi Aerobatik Jupiter Aerobatic Team (JAT) Flying Display yang menghiasi langit Bali. Setelah itu, Pangdam Zamroni juga meninjau Area Display Pesawat, diantaranya N219 milik PT. Dirgantara Indonesia, F-35A milik Royal Australian Air Force (RAAF), Drone Defend DID milik PT. LEN Industri (Persero) dan lainnya.

Sementara, Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Kolonel Inf Agung Udayana, S.E., M.M., dalam keterangannya menyampaikan bahwa kehadiran Pangdam IX/Udayana dalam acara pembukaan kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen TNI AD khususnya Kodam IX/Udayana dalam memperkuat pertahanan di era modern, serta untuk menjalin kolaborasi yang lebih erat lagi di bidang ini.

"Sebagai Pangdam yang bertanggung jawab atas pertahanan dan keamanan wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Mayjen Zamroni menyoroti peran penting TNI dalam mendukung acara tersebut. Kehadirannya juga untuk memperkuat sinergi antar instansi. Hal ini menjadi penting untuk menjaga keamanan wilayah, terutama di tengah perkembangan teknologi pertahanan darat maupun udara," ungkap Kapendam.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa Airshow yang digelar pada 18-21 September 2024 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ini bertujuan untuk mempromosikan Bali dan Indonesia di kancah global dengan menampilkan teknologi dirgantara dan inovasi pertahanan mutakhir. Kehadiran personel TNI, termasuk Pangdam, semakin memperkuat kerja sama TNI dengan penyelenggara acara untuk menyukseskannya. (Pendam IX/Udy)