Yudo Margono, Calon Tunggal Panglima TNI Pengganti Andika

Yudo Margono, Calon Tunggal Panglima TNI Pengganti Andika
Dok : Istimewa

BALI SATU BERITA  | JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dipilihnya Yudo Margono diketahui dalam surat presiden (Supres) pergantian Panglima TNI yang diterima Ketua DPR RI, Puan Maharani dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11).

“Surpres baru saya terima hari ini, tidak ada pengambilan surat kembali atau wacana merubah nama yang sudah ada. Nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah KSAL Laksamana Yudo Margono,” kata Puan.

Oleh karena itu, Puan menyatakan Komisi I DPR RI akan segera melakukan mekanisme pergantian Panglima TNI sesuai Undang-Undang. Tentunya, Komisi I DPR RI akan menggelar fit and proper test terhadap Yudo Margono yang akan menjadi calon panglima TNI.

“Kami di DPR akan menindaklanjuti terkait mekanisme yang ada di DPR untuk menugaskan komisi terkait, atau Komisi I untuk melaksanakan mekanisme terkait atau pengangkatan panglima TNI yang baru,” ujar Puan.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meyakini, calon Panglima TNI pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah figur yang terbaik. Pernyataan ini disampaikan, menyusul akan purna baktinya Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pada 21 Desember 2022.

“Kita yakin akan yang terbaik,” kata Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022). ( * )