Peringatan HUT PMI ke-79, Gaungkan Aksi Adaptasi Iklim

Peringatan HUT PMI ke-79, Gaungkan Aksi Adaptasi Iklim
Rangkaian kegiatan dalam HUT PMI ke 79 oleh PMI Bali Center

DENPASAR - “Aksi Adaptasi Iklim” menjadi tema untuk Peringatan Hari Palang Merah Indonesia ke 79 yang di peringati pada tanggal 17 September 2024.  Dimana Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi yang dibentuk sebulan setelah Kemerdekaan Indonesia pada 17 September 1945. Saat ini bencana alam dan kesehatan menjadi salah satu masalah global yang menjadi perhatian kita semua termasuk PMI. Mengingat saat ini dunia sedang menghadapi krisis iklim dengan dampak yang nyata pada kehidupan manusia. 

Pada peringatan HUT Tahun ini, sesuai dengan tema umum yang diangkat, PMI mengajak masyarakat untuk melanjutkan berkontribusi dalam menghadapi krisis iklim melalui aksi-aksi nyata yang berdampak positif bagi lingkungan. Dimana PMI berfokus pada kegiatan-kegiatan yang bermakna dan signifikan untuk mengurangi dampak krisis iklim yaitu salah satunya dengan kegiatan penanaman pohon sebagai aksi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat untuk bersama-sama melakukan kegiatan adaptasi perubahan iklim. 

 Untuk menyemarakkan HUT PMI ke-79, tepat pada tanggal 17 September 2024 bertempat di PMI Bali Center, Jl. Trengguli I No. 27 Denpasar, PMI Provinsi Bali melaksanakan beberapa kegiatan antara lain Peringatan Hari Palang Merah Indonesia ke 79 dengan potong tumpeng, donor darah, kampanye adaptasi perubahan iklim melalui platform sosial media yang dirangkaian dengan kegiatan upacara melaspas gedung UDD, Candi Bentar dan gedung parkir PMI Provinsi Bali.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan Gubernur Bali, Bupati Badung, PMI Kabupaten/Kota se-Bali serta undangan dari lembaga dan lintas sektor terkait. PMI Provinsi Bali juga merencakan aksi penanaman pohon – Kampanye Hijau di Desa Gunaksa Kabupaten Klungkung pada tanggal 20 September yang akan datang.

Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra, SH., S.Sos., M.Si yang membacakan sambutan Ketua Umum PMI, H. M. Jusuf Kalla, menyampaikan bahwa saat ini selain bencana alam dan kesehatan, salah satu masalah global yang perlu menjadi perhatian kita semua termasuk PMI yaitu isu perubahan iklim. Perubahan Iklim tidak bisa tolak tapi harus kita adaptasi.

“Pada HUT 79 Tahun 2024 ini kegiatan utama difokuskan pada beberapa kegiatan dan aksi untuk adaptasi perubahan iklim dan menjaga kelestarian lingkungan," ujar Alit Putra.

Dikesempatan ini Alit Putra secara pribadi juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan dukungan yang diberikan oleh semua pihak kepada PMI pada umumnya dan PMI Provinsi Bali pada khususnya, sehingga PMI dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Sambutan Pj. Gubernur Bali yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bali bidang PMK, Ir. I Made Sudarsana, M.Si, menyampaikan bahwa Palang Merah Indonesia telah menjadi mitra kerja Pemerintah Provinsi Bali sejak beberapa dekade. Kerjasama yang sinergis dan harmonis karena kesamaan tujuan yaitu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Saya juga menyampaikan apreasiasi setinggi-tingginya atas komitmen PMI dalam berkontribusi menciptakan Kesehatan masyarakat dan keadilan sosial” kata Made Sudarsana.

Dirinya juga menyampaikan ucapan selamat atas penempatan Gedung baru UDD PMI Provinsi Bali dan semoga PMI dapat bekerja lebih baik sesuai dengan standart yang ada. (Tim)