Semifinal PON XXI, Gung Cok : Tarung Derajat Bali Evaluasi Strategy dan All Out Semangat Bertarung

Semifinal PON XXI, Gung Cok : Tarung Derajat Bali Evaluasi Strategy dan All Out Semangat Bertarung
Anak Agung Bagus Tri Candra Arka (Gung Cok) selaku Ketua Umum cabor tarung derajat saat ditemui di Aceh, Senin, 16 September 2024

ACEH - Balisatuberita.com, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka selaku Ketua Umum cabor tarung derajat saat ditemui di Aceh kemarin, yang juga menjabat sebagai ketua Pelatda Bali ini, setidaknya ingin memperoleh empat medali seperti yang didapatkan kala di PON Papua lalu.

”Kami di Papua mendapatkan 4 medali emas. Sekarang untuk mempertahankan itu memang sangat berat. Ini kami masih berjuang, mudah-mudahan (meraih emas) dan minta restu ke masyarakat Bali,” ujarnya

Atlet tarung derajat Bali tidak main-main harus fokus. Jika di PON Papua, 8 atlet yang dikirim bisa meraih semua medali, di PON Aceh-Sumut dengan membawa 10 atlet juga ingin melakukan hal yang sama.

Atlet Cabor Tarung Derajat kini di pundaknya tentu tambah berat. Karena, setidaknya bisa melahirkan emas, sebab KONI Bali masih cukup jauh memenuhi target total 45 medali emas yang didapatkan. Sampai saat ini Bali baru meraih 22 medali emas.

Untuk mewujudkan itu, dukungan psikologis pun akan diberikan untuk para atletnya. ”Kami tanamkan ke para petarung semua agar all out untuk memuaskan dirinya sendiri agar mengeluarkan semua tekniknya. Jadi menang terhormat, kalah tetap bermartabat,” sebutnya.

Menurut Anak Agung Tri Candra Arka, yang lebih dikenal dengan sapaan Gung Cok mengharapkan agar para petarung dapat tampil lepas dan percaya diri, tanpa ada keraguan saat melancarkan teknik mereka didalam ring. "Petarung harus all out", mengeluarkan semua teknik yang dimiliki.

Sebelumnya diketahui, untuk PON XXI di Aceh-Sumut ini, tarung derajat Bali menurunkan 10 nomor di antaranya empat petarung putri dan enam petarung putra. ”Ada peningkatan dari PON Papua yang jumlahnya delapan dan delapan itu medali semua,” pungkasnya.(*)