Bacawapres, Mahfud MD Tak Perlu Berhenti Jadi Menteri

Bacawapres, Mahfud MD Tak Perlu Berhenti Jadi Menteri
Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan).

JAKARTA - Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan bahwa Menko Polhukam Mahfud MD sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo. Megawati menyebut alasan memilih Mahfud MD, karena pengalaman dan pengetahuannya di bidang hukum, sehingga kelak bisa menjadi wasit yang baik di tengah persaingan politik dan bisnis yang seringkali dirasa tidak adil.

Hal itu sejalan dengan agenda PDIP untuk melakukan reformasi hukum di Indonesia. Selain itu, Mega juga menyebut Mahfud sebagai pendekar hukum dan pembela _wong cilik_, yang berpengalaman di lembaga legislatif, eksekutif serta yudikatif. Megawati meyakini Ganjar-Mahfud mampu memenangkan Pilpres 2024.

Pengumuman pasangan bakal capres-cawapres Ganjar-Mahfud, yang dilakukan tanpa kehadiran Presiden Jokowi, yang merupakan kader PDIP, dinilai merupakan upaya PDIP melepas ketergantungan politiknya pada figur Jokowi.

Penilaian tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam dan pengamat politik Ray Rangkuti. Bahkan, menurut Ray, sejak 2 bulan terakhir PDIP sudah terlihat berupaya memisahkan Ganjar dengan sosok Jokowi, yang masing-masing jalan sendiri dengan agendanya.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, Presiden Jokowi sedang melakukan tugas negara untuk hadir di China dan Arab Saudi. Presiden memang sedang melawat ke kedua negara itu sampai dengan 21 Oktober 2023. Puan tidak mengungkap jelas, apakah Presiden juga diundang pada acara hari ini.

Ia hanya menjelaskan bahwa undangan deklarasi di DPP PDIP hari ini hanya ditujukan untuk Ketum parpol pendukung Ganjar beserta jajaran, perwakilan relawan dan TPN GP.

Ditanya soal tentang arah dukungan Jokowi, " Tidak Tahu, " ujar Puan Maharani, Rabu (18/10/2023).

Penunjukan Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar, menurut penilaian Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam, akan memperkuat mesin politik PDIP dan capres Ganjar.

Penunjukan Mahfud tersebut juga mempertegas keyakinan PDIP selama ini, bahwa mesin politik PDIP bisa optimal jika mesin politik nasionalisnya disandingkan dengan representasi kekuatan politik Islam moderat, terutama kekuatan politik warga Nahdlatul Ulama (nahdliyin).

Selain itu lanjut Umam, kuatnya komitmen Mahfud terhadap isu-isu penegakan hukum membantu Ganjar untuk mengonsolidasikan basis kekuatan politik santri di Jawa dan Madura. Mahfud termasuk figur yang telaten memelihara silaturahmi dengan para kiai sepuh, para santri dan jaringan pesantren di Nusantara.

Bakal capres Ganjar Pranowo dan Menko Polhukam Mahfud MD menerima amanah untuk maju di Pilpres 2024 karena ingin bekerja tulus dengan sepenuh hati untuk rakyat Indonesia. Ia dan Mahfud berjanji, akan bergerak cepat jika terpilih pada Pilpres 2024 untuk mewujudkan Indonesia unggul dengan kehidupan yang sejahtera bagi rakyat, dan akan mendobrak persoalan kemiskinan yang menjerat rakyat.

Pasangan ini akan didaftarkan ke KPU besok, Kamis, 19 Oktober 2023.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, Menko Polhukam Mahfud MD tidak perlu mengundurkan diri dari jabatannya, setelah ditetapkan menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. Hasyim menyebut Mahfud cukup dengan melengkapi surat izin dari Presiden Jokowi.

UU Pemilu mengatur bahwa menteri atau pejabat setingkat menteri harus mengundurkan diri jika maju di pilpres, namun aturan tersebut berubah setelah adanya putusan MK. Sementara itu, Mahfud mengaku sudah menyurati Jokowi perihal tersebut.

KPU memutuskan tidak merevisi Peraturan KPU (PKPU) No 19/2023 tentang pendaftaran calon presiden dan wakil presiden, meski ada putusan MK No 90/PUU/XXI/2023 yang menambahkan syarat pada UU Pemilu pasal 169 huruf q. Ketua KPU Hasyim Asyari hari ini mengatakan, putusan MK tersebut bersifat akhir dan mengikat sehingga bisa langsung dijalankan. KPU pun sudah mengirim surat kepada parpol peserta Pemilu 2024 supaya menggunakan putusan MK tersebut sebagai pedoman.

Plt Ketum PPP, Mardiono mengungkapkan, bahwa PPP tidak kecewa Sandiaga Uno yang dijagokan PPP sebagai sebagai pendamping Ganjar akhirnya tidak dipilih. Ia memastikan, PPP mengaku tetap mendukung Ganjar-Mahfud.

Berikut tanggapan dari kubu Koalisi Perubahan yang mengusung Anies-Imin dan KIM yang mengusung Prabowo Subianto atas penunjukan Mahfud sebagai pendamping Ganjar; Sekjen DPP PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, Mahfud sosok yang berkelas karena telah menduduki berbagai macam jabatan di eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Waketum Partai Gerindra Habiburokhman menilai Mahfud MD orang yang baik sekaligus politisi santun. Ketua DPP PKB Daniel Johan menyatakan, pasangan Anies-Imin siap beradu visi dan program untuk memenangkan hati rakyat.

Para mahasiswa yang tergabung dalam BEM Nusantara menggelar aksi simbolik pemasangan seribu lilin di depan gedung MK, Jakarta, pada Selasa malam (17/10/2023).

Mereka memberikan catatan hitam pada MK di era Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin karena memuluskan jalan politik dinasti melalui putusannya, pada Senin (16/10/ 2023), yang membolehkan orang di bawah 40 tahun menjadi capres-cawapres asalkan berpengalaman sebagai pejabat negara yang dihasilkan dari pilihan rakyat.

Putusan itu dinilai banyak kalangan sebagai pintu masuk anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang berumur 36 tahun menjadi cawapres. Koordinator Pusat BEM Nusantara Achmad Suparti menilai bahwa integritas dan independensi MK sudah mati di era Jokowi-Ma'ruf serta tidak bisa dipercayai lagi.

EKONOMI

Dalam laporan Asia and Pacific Regional Outlook edisi Oktober 2023, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2024 di level 5%, turun dari perkiraan outlook edisi Mei lalu, yakni 5,1%. Sementara pertumbuhan 2023 tak berubah dari perkiraan edisi Mei yakni 5%, dan 2025 diperkirakan tetap 5%.

Direktur Dept Asia dan Pasifik IMF Krishna Srinivasan mengatakan, proyeksi tersebut didasari atas stabilnya perekonomian Indonesia di tengah perlambatan ekonomi global, didukung kebijakan ekonomi makro yang sangat hati-hati atau _prudent._ Level pertumbuhan Indonesia berpotensi mengalahkan China yang diperkirakan tumbuh 4,2% pada 2024 dan pada 2025 menjadi 4,1%. Begitu juga Malaysia, yang hanya akan tumbuh 4% pada 2023, 4,3% pada 2024, dan pada 2025 menjadi 4,4%.

Bacapres Ganjar Pranowo mengatakan, akan memajukan perekonomian melalui pembangunan ekonomi hijau, ekonomi baru, dan ekonomi digital, yang disebutnya sebagai “ekonomi baru”.

Berbicara usai dijodohkan dengan bacawapres Mahfud MD, Ganjar menegaskan Indonesia tidak boleh puas hanya berdaulat secara wilayah. Ia mendorong kedaulatan lain, yakni politik, pangan, ekonomi, sosial, hingga digital. Ia bersama Mahfud MD berjanji akan mendobrak kemiskinan yang masih menjerat rakyat dengan menyediakan kesempatan yang setara untuk seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Menyinggung krisis iklim, menurut dia, tantangan global itu mendorongnya terus mengeksplorasi kekayaan alam dengan tetap memastikan kelestariannya untuk generasi selanjutnya.

Pengusaha yang tergabung dalam Kadin Indonesia menilai kenaikan UMP 2024 sebesar 15%, seperti dituntut serikat pekerja, tak mungkin dilakukan. Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Otda Kadin Indonesia Sarman Simanjorang mengaku tidak yakin dengan kondisi ekonomi saat ini, dunia usaha mampu menaikkan UMP sampai 15%. Ia mengingatkan ekonomi Indonesia masih belum pulih dari hantaman covid-19.

Apalagi di tengah pemulihan, kini RI dihadapkan dengan kondisi perekonomian global yang juga tertekan. Sarman meminta seluruh pemangku kepentingan tetap melihat kondisi ekonomi saat ini dari sisi pertumbuhan ekonomi, inflasi, hingga kondisi ketenagakerjaan di suatu daerah.

TRENDING MEDSOS

Lebih dari 10.000 pencarian Calon Wakil Presiden Prabowo di Google Trends. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, menyebut deklarasi cawapres pendamping Prabowo Subianto dilakukan setelah ketum parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) lengkap berada di Jakarta. Ketum PAN Zulkifli Hasan sedang bersama Presiden Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke China dan Arab Saudi,

PDIP diikuti tagar #GanjarMahfud2024 _trending_ di X (Twitter), setelah hari ini PDIP mendeklarasikan pasangan capres-cawapres dari Koalisi PDIP yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

HIGHLIGHTS

Pengumuman penunjukan Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar dilakukan selagi Presiden Jokowi sedang berada di luar negeri, menjadi perhatian.

Dua pengamat politik Ahmad Khoirul Umam dan Ray Rangkuti menilai langkah tersebut merupakan tanda bahwa PDIP melepas ketergantungan politiknya pada figur Jokowi, yang notabene adalah kader PDIP.

Meski berdasarkan survei kepuasan publik pada kinerja Jokowi sangat tinggi, namun nampaknya PDIP mulai gerah dengan sikap Jokowi yang memainkan _power_-nya itu untuk kepentingan politik tertentu, apalagi setelah hasil putusan MK Senin lalu yang sangat kentara beraroma kepentingan pragmatis jangka pendek.

Pilihan atas sosok Mahfud MD sebagai pasangan Ganjar merupakan pilihan yang khas dengan karakter politik PDIP yang selalu bergandengan tangan dengan Islam moderat, yang meyakini bahwa kaum nasionalis dan Islam moderat merupakan pilar utama RI. (Tim)

Editor : Ray