Puncak Acara HUT TRISMA Ke 46 Tumbuhkan Minat dan Bakat Seni Siswa untuk ketahanan Budaya.

Puncak Acara HUT TRISMA Ke 46 Tumbuhkan Minat dan Bakat Seni Siswa untuk ketahanan Budaya.
Dok : Kadek Dwi Rustinawati, S.Pd.,M. Pd., selaku Kepala Sekolah
Puncak Acara HUT TRISMA Ke 46 Tumbuhkan Minat dan Bakat Seni Siswa untuk ketahanan Budaya.

Bali Satu Berita |DENPASAR - Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) SMAN 3 (Trisma) Denpasar yang ke - 46, yang digelar dalam berbagai lomba baik lomba Akademik dan non akademik.

Pembukaan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Desember 2022 sampailah puncak perayaannya pada Selasa 17 Januari 2023 Dengan Penanggung jawab acara Kepala sekolah yakni Kadek Dwi Rustinawati, S.Pd.,M. Pd., Koordinator acara Wakasek Kesiswaan I Ngurah Sedewa Sudiarsa, S.Pd.H.,M.Pd.H., Ketua Panitia: Dra. Ni Luh Suryati, M.Pd.H.

Menemui Kadek Dwi Rustinawati, S.Pd.,M. Pd., selaku Kepala Sekolah dan penanggung jawab di akhir acara kegiatan menyebutkan bahwa, acara ini dimeriahkan dengan pagelaran budaya yang menjadi ciri khas kreatifitas siswa di SMAN 3 Denpasar.

" Hari ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadis Dikpora) Provinsi Bali yang diwakili oleh Pengawas Pendidikan Manajerial di SMAN 3 Denpasar, Pemerintah setempat dari Camat, Lurah dan Perbekel Sumerta Kaja dan Kelod san juga Komite SMAN 3 Denpasar serta bapak dan ibu alumni SMAN 3 Denpasar, " Ucapnya, diatas panggung.

Lomba - lomba internal yang diikuti oleh siswa dari SMAN 3 Denpasar san juga lomba - lomba eksternal yang mengundang seluruh SMA se-Bali yang diadakan oleh pihak sekolah.

" Kami berharap sesuai tema yang diusung bahwa, kami ingin siswa dapat melihat potensi dan kekurangan diri mereka, yang nantinya ini dapat menjadi bekal saat menjadi alumni SMAN 3 Denpasar kelak di Masyarakat, agar dapat berguna dan tidak hanya sukses dalam meraih cita-citanya tetapi menjadi generasi yang bermanfaat bagi Indonesia maju "

Dukungan pihak sekolah sebutnya tidak hanya pada dukungan akademik dan non akademik, tetapi seperti contoh olimpiade sains yang diikuti menghasilkan prestasi yang baik (emas 2022).

Dukungan pihak sekolah terhadap siswa yang non akademik dalam seni dan budaya juga telah dilakukannya. Dalam mendukung kreatifitas anak yang tiada batas ini dengan memberikan wadah dan ruang untuk mereka berkreasi sudah merupakan perhargaan yang patut diberikan apresiasi.

" Pagelaran Budaya yang diikuti saat ini adalah dari kelas anak 10, 11, 12 yang memiliki potensi dalam bidang seni tarian, seni teater, seni vokal dan seni karawitan, " pungkasnya.

Kemudian menemui Dr. I Wayan Gede Rumega, S.H., M.H., selaku Ketua Komite SMAN 3 Denpasar yang menyebutkan dirinya perwakilan dari orang tua siswa, Ia juga merupakan alumni Trisma angkatan ke-8, tahun 1984 - 1987.

Ditanyakan tentang dukungan orang tua terhadap kegiatan seperti ini, dirinya menjawab bahwa keinginan orang tua tidak terlalu muluk-muluk, oenag tua berharap anaknya mendapatkan pendidikan yang layak dan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

" Saya berharap anak-anak didik dapat terpenuhi kreatifitasnya, keinginannya dan harapan yang menjadi cita-cita mereka untuk masa mendatang dan bersaing untuk masa depan "

Ia juga menambahkan bahwa keinginan orang tua dan siswa untuk bersekolah di SMAN 3 Denpasar sangat banyak. Ia juga membuktikan dari membludaknya siswa yang mendaftar ini, telah menggunakan ruang lab dalam berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.

" Tentunya daya tampung yang sedikit ini menggunakan lab yang ada untuk berlangsungnya kegiatan sekolah. Lab merupakan bukan ruang kelas, "tegasnya.

Ia berharap dari pemerintah untuk menambah ruang kelas belajar kembali, memang sudah diberikan bantuan penambahan tersebut untuk lantai 3.

" Tetapi itu belum selesai, sehingga belum dapat digunakan. Lab Biologi, Kimia dan Lab Fisika. Jika ada temannya yang hendak memakai, siswa ini harus keluar lagi, tentu terganggulah terhadal proses belajar mengajar tersebut "

Ia juga menambahkan bahwa harapannya dari pihak Komite Sekolah adalah tetap mengupayakan sarana dan prasarana.

" Kami selalu mengajukan prosposal kepada dinas pendidikan dan Pak Gubernur agar bisa proses belajar mengajar SMAN 3 Denpasar ini berjalan dengan baik, " pungkasnya. (Ray)