Meminimalisir Konflik Sosial Masyarakat, Mabes AD Gelar Binkom di Bali

Meminimalisir Konflik Sosial Masyarakat, Mabes AD Gelar Binkom di Bali
Dok : BSB

Balisatuberita | Denpasar - Dalam upaya meminimalisir terjadinya konflik sosial di masyarakat, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menggelar kegiatan Pembinaan Komunikasi, bertempat di Gedung Dharma Alaya, Lumintang, Denpasar, Bali, dimana kegiatan ini dihadiri langsung oleh Waasintel Kasad Bidang Jemen Intel, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, mewakili Kepala Staff Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Dudung Abduracmah, pada Kamis (21/7/2022) pagi. 

Kegiatan yang mengusung tema "Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial 2022" di wilayah Kodam IX/Udayana, Korem 163/Wira Satya, Kodim 1611/Badung kali ini, dihadiri oleh sebanyak 210 orang peserta dari seluruh lapisan masyarakat, mulai dari tokoh masayarakat, tokoh agama, ormas, akademisi, hingga mahasiswa dalam pelaksanaannya. 

Dalam kesempatannya, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva menyampaikan, bahwa kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) dilaksanakan sebagai upaya membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mencegah dan meredam potensi konflik sosial yang terjadi di wilayah Provinsi Bali, yang masuk dalam teritori wilayah Kodam IX/Udayana. 

"Salah satu upaya untuk mencegah konflik sosial tersebut yaitu melalui kegiatan pembinaan komunikasi bersama komponen masyarakat yang sedang kita laksanakan hari ini", kata Brigjen Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva. 

Lebih lanjut, juga dijelaskan bahwa terjadinya konflik dapat mengakibatkan hilangnya rasa aman dan malah menimbulkan rasa takut. Bisa pula terjadi kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, korban jiwa dan trauma psikologis. Yakni seperti dendam, benci,dan antipati, sehingga menghambat terwujudnya kesejahteraan umum. 

Maka dari itu, pihaknya meminta seluruh elemen masyarakat Bali, khususnya Badung dan Denpasar untuk selalu bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah situasi yang sedang melanda bangsa Indonesia. 

“Manfaat binkom ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan kegiatan ini sebagai wahana untuk mendiskusikan solusi terhadap persoalan di wilayah" paparnya. 

Sementara itu, Dandim 1611/Badung Kolonel Infantri Dody Triyo Hadi, yang dalam hal ini mewakili Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto dan Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Choirul Anam menambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan koordinasi yang baik antara satuan TNI-Polri dan Pemda serta seluruh komponen masyarakat dalam menjaga kondufitas wilayah, melalui pemaparan materi dan diskusi dari para narasumber untuk mencegah potensi konflik di tengah-tengah masyarakat. 

“Kondusifitas wilayah adalah tanggung jawab kita semua. Untuk itu, saya berharap kegiatan ini bisa mendukung terciptanya keamanan dan mengantisipasi berkembangnya ancaman dan gangguan, mari kita tingkatkan kewaspadaan dini baik dari pemerintah maupun elemen lainnya," tegasnya. 

Kegiatan Pembinaan Komunikasi ini juga turut dihadiri oleh Kolonel Kavaleri Jonny Harianto, selaku Pamen Bidang Hukum Humaniter Kodam IX/Udayana, Pasiintel Korem 163/Wira Satya, Kapolres Badung, AKBP Dedi Leo Defretes, Perwakilan Polresta Denpasar, Perwakilan Kejaksaan Negeri, serta para Pejabat Daerah Badung dan Denpasar lainnya. (BSB)